Rapat Koordinasi Fasilitator Forum Konsultasi Publik

Rakoor Fasilitator Forum Konsultasi Publik

Sambung Makmur. Bertempat di Aula Kecamatan Sambung Makmur, tanggal 27 April 2023 Badan Pusat Statistik Menyelenggarakan Rapat Koordinasi Forum Konsultasi Publik (FKP)  untuk wilayah Kecamatan Sambung Makmur. Rapat dibuka oleh Camat Sambung Makmur dan Rapat ini merupakan tindak lanjut dari Pendataan awal Regsosek tahun 2022. Finalisasi pada hasil pendataan tersebut akan melibatkan partisipasi masyarakat melalui Forum Konsultasi Publik (FKP). Dalam FKP akan dilakukan validasi silang antara hasil pengolahan dengan pengetahuan masyarakat, untuk kemudian diputuskan dengan mengedepankan musyawarah mufakat. Forum ini membuka ruang partisipasi dari masyarakat sekaligus kontrol pada penyusunan data perlindungan sosial pemerintah. Forum Konsultasi Publik (FKP) merupakan kegiatan konsultasi dengan tokoh komunitas di wilayah setempat mengenai ketepatan hasil pengelompokan kesejahteraan keluarga. FKP dilaksanakan sebagai bentuk partisipasi dan kontrol sosial dalam penyusunan basis data.

Pelaksanaan FKP dirancang untuk dilaksanakan di tingkat Desa/ Kelurahan 1 Desa minimal 1 FKP (maksimal 12 SLS/FKP) dan dilaksanakan pada tanggal 2-21 Mei 2023.

Tujuan utama kegiatan FKP adalah untuk memperoleh daftar keluarga yang sudah diverifikasi kelompok kesejahteraannya dan disepakati Bersama.

Acara Forum Konsultasi Publik ini turut dihadiri oleh Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Kecamatan Sambung Makmur turut berhadir juga Pambakal se Kecamatan Sambung Makmur yang juga merupakan Fasilitator FKP di Desa.

Pada Tahun 2023 ini nanti Camat Sambung Makmur juga menginformasikan bahwa Tahun 2023 akan dilaksanakan juga Sensus Pertanian (ST2023) oleh BPS. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 1 Juni – 1 Juli 2023. Tujuan utama dari kegiatan sensus pertanian adalah untuk mendapatkan data struktur pertanian yang lengkap dan akurat untuk bahan perencanaan maupun evaluasi hasil-hasil pembangunan khususnya di sektor pertanian. Data ST2023 akan sangat diperlukan untuk menjawab isu strategis terkini di sektor pertanian. Selain itu hasil ST2023 juga dapat dimanfaatkan untuk mengetahui potensi terkait petani milenial dan modernisasi adopsi teknologi di sektor pertanian. (28/04/2023)

You might also like More from author